FAKULTAS PERTANIAN UMK EDUKASI MASYARAKAT KETERAMPILAN BUDIDAYA HIDROPONIK

Jumat, 03 Mei 2019, 15:16:18 WIB - 132 View
Share
FAKULTAS PERTANIAN UMK EDUKASI MASYARAKAT KETERAMPILAN BUDIDAYA HIDROPONIK

Sebagai bentuk pelaksanaa Caturdharma tersebut maka TIM Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat UMK telah melaksanakan Kegiatan pelatihan dengan tema “ Pelatihan Agribisnis Sayuran Metode Hidroponik Starterit Wick Pada Masyarakat Kota Kendari “ Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat (3/5/2019) di kantor Kelurahan Wowawanggu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kelurahan Wowawanggu, kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Wowawanggu sebagai peserta dan masyarakat mitra, bersama dengan tiga dosen Faperta UMK (Asriani, SP.,M.Sc, Wa Embe, SP.,M.Sc dan Fitria Napu, SE., M.Si dan 3 Mahasiswa dari UMK sebagai Anggota Tim Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Internai UMK. Metode pelaksanaan dilakukan melalui sosialisasi, penyuluhan dan sekaligus pelatihan tentang cara budidaya tanaman hidroponik metode Wick.

Ketua tim pelaksana pengabdian Asriani, SP.M.Sc menyatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberi motivasi dan keterampilan sekaligus memperkenalkan metode budidaya hidroponik tanaman sayuran kepada kelompok masyarakat PKK dalam membudidayakan sayuran hidroponik, dengan menggunakan metode Wick agar dapat memanfaatkan lahan/pekarangan kosong sekaligus dapat memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan melalui usaha pengembangan Agribisnis Sayuran Metode Hidroponik Starterkit Wick di kelurahan Wowawanggu, terangnya.

Sementara itu Kepala Kelurahan Wowawanggu Laode Faerudi, S. Sos menyambut dengan antusias dan berharap agar kegiatan dapat berkelanjutan, pada kesempatan tersebut pihak Fakultas Pertanian UMK dan Pihak Kelurahan Wowawanggu mengadakan kesepakatan kerjasama dalam hal Pengembangan Agribisnis bidang Pertanian Provinsi Sultra dalam lingkup penelitian, Pengabdian serta praktikum lapang yang dilaksanakan oleh dosen maupun mahasiswa. Pada akhir pelaksanaan kegiatan tim Pengabdian Kepada Masyarakat UMK memberikan bantuan berupa seperangkat peralatan dan bahan pembibitan tanaman hidroponik sebagai bentuk dukungan dan motivasi bagi masyarakat mitra.

UMKendari.Facebook

UMK Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
© 2020 Universitas Muhammadiyah Kendari Design By Tasbih, S.Pd. Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube