TARGET LOLOS PIMNAS TIM PKM-M FAPERTA UMK LAKSANAKAN PELATIHAN INOVASI TEPUNG SAGU

Rabu, 19 Jun 2019, 10:51:25 WIB - 44539 View
Share
TARGET LOLOS PIMNAS TIM PKM-M FAPERTA UMK LAKSANAKAN PELATIHAN INOVASI TEPUNG SAGU

Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) terus mendorong civitas akademik untuk melaksankan kegiatan kemahasiswaan yang dapat mengimplementasikan dari Caturdharma tersebut, dalam hal pengabdian kepada masyarakat mahasiswa terus dituntut untuk dapat meningkatkan kinerjanya melalui  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang  merupakan salah satu program permberian hibah dari Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan (SIMBELMAWA) Ristekdikti dibidang pengabdian kepada masayarakat.

Sebagai bentuk  implementasi  Caturdharma dibidang  pengabdian  kepada masyarakat  maka tim Program Kreatvitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masayarakat (PKM-M) FAPERTA UMK telah melaksanakan Kegiatan  dengan tema “Solar  Draying  Tecnology  Inovasi Pengolahan Tepung Sagu Instan  Sebagai Alternatif Pengganti Tepung Terigu

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada  Senin  (17/6/19)  pada kelompok masyarakat mitra Kota Bangun, Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh tim PKM-M berserta dosen pendamping serta peserta mitra yang tergabung dalam kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Bangun, Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan.

Ketua tim Pelaksana PKM-M  Endar Tri Utami menyatakan kegiatan yang dilaksanakan melalui beberapa tahap  yang dimulai dari  pemberian materi berupa motivasi wirausaha,  kemudian dilanjutkan dengan presentasi materi dan praktek langsung tentang cara pengolahan tepung sagu basah menjadi tepung sagu kering yang langsung melibatkan para peserta yang menjadi mitra.

Menurut  Zuraida ZA yang merupakan koodinator peserta mitra yang ditemui usai kegiatan berlangsung menyambut dengan antusias dan berharap agar kegiatan ini dapat berkelanjutan. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat menambah kegiatan masyarakat terutama ibu-ibu PKK.  Lanjut beliau berharap agar setelah kegiatan ini dapat terbentuknya unit usaha keluarga ibu-ibu PKK Kota Bangun yang dapat menjadi sumber pendapatan dalam membantu perekonomian keluarga.

Sementara itu Asriani, SP.M.Sc selaku dosen pendamping yang ikut menghadiri sekaligus memberi materi menyatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberi  motivasi wirausaha  dan keterampilan sekaligus memperkenalkan metode pengolahan sagu basah menjadi sagu kering “ kami berharap luaran kegiatan ini dapat menciptakan produk baru berupa tepung sagu yang dapat menjadi alternative pengganti terigu, jadi harapan kami para ibu-ibu kedepannya dapat mengolah berbagai produk makanan dan minuman dengan menggunakan tepung sagu pengganti terigu sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah tentang swasembada dan diversifikasi pangan dan saya berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat terutama bagi mahasiswa dalam mengabdikan diri kepada masyarakat “ Target lolos PIMNAS Insya Allah “, ungkapnya.

UMK Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
© 2020 Universitas Muhammadiyah Kendari Design By Tasbih, S.Pd. Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube