Tentang Agribisnis

Posted by : Administrator
Share

  • TENTANG AGRIBISNIS

Semakin berkembangnya bidang agribisnis dan semakin mendesaknya kebutuhan akan bidang keahliannya serta sejalan dengan program pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara maka pada tahun 2001 dibentuk program studi Sosial Ekonomi Pertanian dibawah Fakultas Pertanian UMK berdasarkan SK menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 149/D/O/2001

Minat dan permintaan masyarakat yang demikian besar terhadap bidang ilmu pertanian memantapkan program studi ini berubah menjadi jurusan Agribisnis pada tahun 2008 keputusan ini berdasarkan atas 2 hal, yaitu: banyaknya peminat program S1 agribisnis di satu sisi, dan ketersediaan serta kesiapan sumberdaya manusia di program studi agribisnis.

Agribisnis merupakan bidang ilmu terapan yang di dalamnya tercakup ilmu ekonomi pertanian, ekonomi produksi, manajemen pemasaran pertanian, kewirausahaan, statistika, ekonometrika, sosiologi pertanian, penyuluhan dan komunikasi pertanian, serta ekonomi sumber daya alam dan lingkungan.

 

  • KURIKULUM

Kurikulum pembelajaran mengacu pada Standar Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang merupakan kerangka penjejangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyeterakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan diberbagai sektor.

 

  • KOMPETENSI
  • Mampu memilih, mengoperasikan, mengendalikan dan mengembangkan unit agribisnis yang berkelanjutan.
  • Mampu menyusun rencana strategik, rencana bisnis dan mengevaluasi program-program bisnis.
  • Mampu mengembangkan keahlian, keinovatian, kewirausahaan dan jejaring kemitraan agribisnis.
  • Mampu bekerjasama dalam tim multidisiplin.

 

  • PELUANG KERJA

Lulusan agribisnis dapat bekerja secara profesional di berbagai bidang terutama yang berhubungan dengan pertanian. Beberapa lapangan pekerjaan yang dapat menampuang lulusan agribisnis antara lain :

  • Lembaga pemerintah, seperti: Deptan, Dephut, DKP, Depkeu, Bappenas, LIPI, Pemda dan lembaga pemerintah lainnya.
  • Lembaga perbankan (BRI, BNI, MANDIRI), dan lembaga perbankan lainnya.
  • Dosen, peneliti, perencana, konsultan dan berbagai wirausaha di bidang Agribisnis.

 

  • KUALIFIKASI STAF PENGAJAR

Sampai saat ini jurusan agribisnis didukung oleh 12 orang staf pengajar tetap, dan 31 staf pengajar luar biasa dengan kualifikasi 2% bergelar kualifikasi Profesor, 85% Doktor dan Kandidat Doktor, 15% bergelar Master.

 

  • SARANA DAN FASILITAS

Jurusan agribisnis mempunyai ruang kuliah berkapasitas 45 orang yang dilengkapi fasilitas pengajaran seperti LCD dan wireles. Selain itu jurusan agribisnis juga memiliki ruangan khusus seminar/ujian sidang, dengan buku-buku dan literatur yang up to date, serta jaringan kerjasama dengan berbagai institusi, perguruan tinggi, perusahaan-perusahaan dan berbagai organisasi dalam dan luar negeri.

 

  • BIAYA PENDIDIKAN

Biaya pendidikan yang wajib dibayar persemester adalah Infaq Penyelenggaraan Pendidikan (IPP) sebesar Rp. 1.650.000,- selain dari itu berupa Sumbangan Pembangunan Gedung (SPG) dan lainnya yang dibayar hanya sekali selama menempuh kuliah.

UMK Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
© 2020 Universitas Muhammadiyah Kendari Design By Tasbih, S.Pd. Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube